Begini Caranya Polisi Mencegah Praktek Nakal SPBU di Sulbar

Daerah486 Dilihat

Mamuju.Menit7.Com – Pada setiap momen mudik Lebaran, Polda Sulbar, sebagai bagian dari upaya pemerintah untuk memastikan kelancaran dan keamanan perjalanan, mengambil langkah proaktif dengan melakukan pengecekan terhadap Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di wilayahnya.

Pengecekan ini tidak hanya bertujuan untuk memastikan ketersediaan dan kualitas bahan bakar, tetapi juga untuk mencegah potensi kecurangan yang dapat merugikan masyarakat pengguna jalan.

Kabid Humas Polda Sulbar Kombes Pol Slamet Wahyudi, mengatakan, Dalam rangka melakukan pengecekan SPBU jelang musim mudik Lebaran tahun 1445 H, Polda Sulbar membentuk tim khusus yang terdiri dari petugas gabungan, termasuk dari kepolisian dan instansi terkait lainnya.

“Tim ini memiliki tugas pokok untuk memastikan bahwa setiap SPBU mematuhi standar operasional yang ditetapkan, termasuk dalam hal pengisian bahan bakar, kebersihan fasilitas, dan pelayanan kepada konsumen,” Ujar Kombes Pol Slamet Wahyudi, Jumat 29 Maret 2024.

Lanjut dikatakan, Selain melakukan pengecekan teknis, Polda Sulbar juga memberikan himbauan kepada pengusaha SPBU untuk tidak melakukan kecurangan dalam menjalankan operasional bisnis mereka. Himbauan ini mencakup pentingnya menjaga kualitas bahan bakar, transparansi dalam pengisian dan pembayaran, serta penanganan keluhan konsumen dengan cepat dan adil.

“Pengusaha SPBU juga diingatkan untuk tidak menaikkan harga secara tidak wajar atau melakukan praktik monopoli yang merugikan masyarakat,” Ucapnya.

Lanjut dikatakan, Sebagai bagian dari strategi pencegahan, Polda Sulbar mendorong patroli dialogis ke SPBU. Patroli ini tidak hanya bertujuan untuk memantau langsung kegiatan di SPBU, tetapi juga untuk membangun hubungan yang baik antara kepolisian dan pemilik usaha.

“Melalui dialogis yang terbuka, pihak kepolisian dapat memberikan pemahaman yang lebih baik kepada pengusaha SPBU tentang pentingnya kepatuhan terhadap regulasi serta konsekuensi dari pelanggaran yang dilakukan,” Ungkapnya.

Dengan langkah-langkah proaktif ini tambah Kabid Humas, Polda Sulbar berharap dapat menciptakan lingkungan yang lebih aman dan terpercaya bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik Lebaran. Melalui pengecekan rutin, himbauan kepada pengusaha SPBU, dan patroli dialogis, diharapkan potensi kecurangan dapat diminimalisir, sehingga masyarakat dapat merasa nyaman dan percaya saat mengisi bahan bakar di SPBU.

“Langkah-langkah ini juga menjadi bagian dari komitmen Polda Sulbar untuk mendukung kelancaran arus mudik Lebaran demi kepentingan bersama,” Tutup Kabid Humas Polda Sulbar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *