Bus Trans Andalan Resmi Beroperasi, Lintasi Jalur Barru-Soppeng

Daerah440 Dilihat

Barru, Menit7.com — Moda transportasi merupakan unsur tertinggi dalam mendorong kemajuan suatu daerah karena menjadi penghubung antar individu yang mempunyai kepentingan sekaligus meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang produktif dan berdaya saing.

Hal tersebut dikemukakan Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh. M.Si, saat Melaunching Bus Trans Andalan Sulawesi Selatan di Stasiun Kereta Api Garongkong Barru, Rabu (23/8/2023).

“Transportasi merupakan unsur tertinggi dalam meningkatkan pertumbuhan perekonomian yang produktif dan berdaya saing. Untuk itu, kinerja transportasi ingin ditingkatkan karena teorinya semakin banyak pertemuan di suatu tempat itu semakin mendorong peningkatan kemajuan perekonomian,” ujar Bupati menerangkan.

Bupati Barru menyampaikan rasa syukurnya, karena atas sinergi dan kolaborasi Pusat, Provinsi, dan Stakeholder sehingga Moda Tranportasi sudah ada di Barru.

Transportasi ini akan menghubungkan wilayah-wilayah di Sulawesi Selatan serta terintegrasi dengan beberapa moda transportasi lain di sejumlah area, seperti pelabuhan hingga destinasi wisata.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Barru dua periode itu secara khusus menyampaikan terimakasih kepada Gubernur melalui Kadis Perhubungan karena sudah mengalokasikan bantuan keuangan untuk mendukung konektivitas antar wilayah/kota sehingga masyarakat dari Makassar, Barru, hingga ke Soppeng dapat menikmati moda transportasi secara gratis.

Diakhir sambutannya, Bupati meminta kepada stakeholder terkait agar ikut mensosialisasikan kepada masyarakat mengenai Bus Trans Andalan gratis tersebut.

Diketahui, Bus Trans Andalan Provinsi Sulawesi Selatan merupakan Bantuan Keuangan Pemprov Sulsel yang diharapkan akan memperlancar transportasi Barru – Soppeng secara gratis dan terkoneksi dengan stasiun Kereta Api.

Sebelumnya Kadis Perhubungan Kab Barru Fadly R. Pawae melaporkan, Bus Trans Andalan Provinsi Sulawesi Selatan yang pengoperasiannya dilaunching hari akan terhubung dengan stasiun Kereta Api.

Dijelaskan, khusus Kabupaten Barru pihaknya telah menyediakan 2 Unit Kendaraan Bus yang akan berangkat dengan rute yang dikoneksikan antar moda dengan Kereta Api, sehingga para penumpang Kereta Api dapat memanfaatkan Bus tersebut secara gratis.

“Bus ini untuk mendukung pelaksanaan visi Gubernur Sulsel, khususnya dibidang transportasi darat yang terkoneksi antar wilayah,” jelasnya.

Usai launching Bus Trans Andalan, Bupati Barru bersama Ketua DPRD serta unsur Forkopimda dan Pimpinan OPD melakukan uji coba Bus dari Stasiun Garonrkong ke Termimal Mattirowalie Barru.

Turut Hadir Sekretaris Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Selatan, Kepala BPKA Sulawesi Selatan, Kepala BPTD Klas II Sulsel, Ketua DPRD Kab. Barru, Unsur Forkopimda. Ketua Pengadilan Negeri, Ketua Pengadilan Agama, Para Pimpinan OPD, Para Camat Se- Kab. Barru dan Undangan lainnya. (Humas IKP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *