Deklarasi Majelis Adat Serumpun Bangsawan Melayu Sulawesi, Raja Gowa dan Pemangku Adat se Sulselbar Akan Hadir

Budaya, Daerah455 Dilihat

Menit7.com – Maros Butta Salewangan akan menjadi saksi sejarah berkumpulnya Para Bangsawan berdarah Melayu Se-Sulawesi dari berbagai darah keturunan yang akan mendeklarasikan terbentuknya Majelis Adat Serumpun Bangsawan Melayu Sulawesi.

Acara tersebut diagendakan pada Hari Kamis 1 Juni 2023 bertempat di Gedung Serbaguna Maros, Sulawesi Selatan.

Sekitar 500 orang undangan dicatat akan hadir dalam tajuk kegiatan yang diberi nama Perhimpunan Agung, Silaturahmi Akbar dan Deklarasi Majelis Serumpun Bangsawan Melayu Se Sulawesi.

Andi Fahry Makkasau Karaeng Unjung selaku Ketua Pelaksana menjelaskan, bahwa kegiatan yang akan dilaksanakan ini adalah sebuah momentum yang sangat bersejarah bagi Bangsawan Melayu, sebab sejak kedatangan Bangsawan Melayu ke Sulawesi Selatan sekitar abad XV, baru kali ini seluruh keturunannya dapat berkumpul menjalin kembali Ikatan kekeluargaan yang terpisah-pisah dan menyebar diberbagai penjuruh Nusantara.

“akumulasi kerinduan seluruh trah inilah kemudian yg menghasilkan kesepakatan membentuk Majelis Adat Serumpun Bangsawan Melayu, tugasnya menjaga dan melestarikan adat istiadat Melayu sebagai sebuah Entitas Budaya dan Peradaban,” ungkapnya.

“Semua trah sepakat membentuk Dewan Adat dengan anggota yg diusul dari garis trah masing dengan mengacu pada Paduka Raja Maharajelala dan Datuk Sabutung sebagai cantolan nasab” pungkas Fahry.

“Dari situ pulalah disepakati mengambil sebutan Paduka Raja Datuk Sabutung kepada Ketua Dewan Adat dan Datuk Muda kepada wakil ketua Dewan Adat, ” tambahnya.

Raja Gowa PYM Andi Kumala Idjo yang juga merupakan salah satu kerabat Melayu dari garis Ince Sulaiman bin Ince Ali Asdollah Datuk Pabean mensupport penuh kegiatan ini dengan turut mengundang Raja-Raja dan Tokoh Melayu Nusantara untuk hadir.

Dari dukungan tersebut, tercatat yang menyatakan kesediaan untuk hadir adalah Sutan Rusdal Inayatsyah Sultan Pagaruyung Minangkabau dan Datu Dissan Hasanuddin Maulana Sultan Bulungan serta Tokoh Melayu, H. Zainal Arifin Paliwang yg kita tahu saat ini menjabat Gubernur Kalimantan Utara. Demikian juga para Karaeng/Arung/Opu/Arajang/Maraddia dan Maradika Se Sulselbar hampir semuanya menyatakan siap terbanyak dari semua Kaopuan yg ada di Selayar.

Kini, Seluruh persiapan telah hampir rampung sisa menunggu hari H pelaksanaan. Bupati Maros, Chaidir Syam dan Wakil Bupati Maros, Suhartinah Bohari, dijadwalkan akan menerima terlebih dahulu Raja Gowa bersama Sultan dan Datu lainnya di Rumah Jabatan Bupati Maros kemudian bersama-sama akan menuju lokasi acara di Gedung Serbaguna Pemkab Maros dengan diantar pasukan berkuda.

“Tak kan Melayu hilang di Bumi, Kaum Melayu bangkit bersama di Butta Salewangang,” tutup Fahry Makkasau yang juga adalah Trah Putri Jauhar Manikam bintu Ince Ali Asdollah Datuk Pabeang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *