Kondisi Fisik Bangunan Masjid Al- Markas Maros Memprihatinkan

Daerah272 Dilihat

Maros, Menit7.com — Kondisi fisik bangunan Masjid Al-Markas Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan saat ini sangat memprihatinkan. Dibeberapa bagian bangunan seperti rangka plafon di lantai 1 dan 3, rusak. Khusus di lantai 3, kerangka plafon yang terbuat dari besi ringan nampak sudah karatan, menggelantung dari tempatnya dan nyaris jatuh ke lantai yang bisa mengancam keselamatan jiwa jemaah masjid. Sementara plesteran dinding tembok nampak terkelupas, rusak dan berjatuhan ke lantai.

” Kondisi fisik bangunan Masjid Al-Markas seperti ini sudah berlangsung sekitar 1 tahun lalu. Dan, sampai saat ini belum ada tanda- tanda ada perbaikan,” ujar H. Mansyur salah seorang jemaah kepada media ini, Senin, 20/11/2023.

Masjid Al-Markas Maros yang dibangun di era pemerintahan mantan Bupati Maros, H.A. Nadjamuddin Aminullah hingga di era Hatta Rahman merupakan masjid kebanggaan bagi warga masyarakat Maros, bahkan Sulawesi Selatan. Masjid tersebut berdiri megah ditengah-tengah jantung kota Maros. Namun, kondisi fisik Al-Markas saat ini seakan-akan tidak terurus. Sampah-sampah berserakan di pelataran masjid. Apalagi disaat ada acara perkawinan.

Dari hasil pengamatan media ini, di beberapa bagian bangunan Al- Markas nampak sudah rusak. Seharusnya pengurus masjid peduli dengan kondisi masjid. Sebab, masjid Al Markas merupakan ikon bagi kaum muslimin.

Salah seorang pengurus masjid yang enggan disebut namanya, juga merasakan hal demikian.” Kami juga ikut prihatin dengan keadaan masjid kita (Al Markas).
Melihat kondisi ini, salah seorang pengurus masjid, H. Uul langsung beraksi. Membersihkan masjid tersebut. Mudah- mudahan cepat direhab.” imbuhnya. (anto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *