Pembalap Palu Jawara Suryanation Drag Race Kejurprov Putaran Kedua 2023

Olahraga, Otomotif209 Dilihat

Menit7.com, Maros — Suryanation Drag Race Kejurprov Putaran Kedua Piala Bupati Maros Cup 2023, selesai dilaksanakan.

Penyelenggarananya terbilang sukses. Ada 557 starter dari 227 pembalap ambil bagian pada event otomotif yang berlangsung di Landasan Udara (Lanud) Hasanuddin, Kabupaten Maros, Sabtu dan Minggu (27/28 Mei 2023).

Keluar sebagai juara umum Mono asal tim Squad-Mick Tuned Manado. Pembalap asal Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng) itu mengumpulkan 329 poin untuk bisa naik podium teratas. Disusul pembaap asal Balikpapan, Angga Codet dari tim Kaideze Irpro dengan 150 poin. Sedangkan di posisi ketiga ditempati pembalap perempuan Fani. Juga berasal dari tim Squad Palu dan Mick Tuned Manado, Palu, Sulteng dengan modal 100 poin.

Sementara itu di kelas All Bracket, tim skuad Palu kembali menjadi jawara. Di kelas bergengsi ini Mono lagi-lagi merajai event otomotof ini. Pembalap asal Squad Palu ini mengumpulkan 58 poin. Disusul juara dua, Alpin pembalap tuan rumah dari tim Sinar Panaikang Racing Team, Kabupaten Maros dengan 54 poin. Sedangkan di posisi ketiga ditempati Angga Codet asal tim Kaideze Irprob dari Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim). Seperti Alpin, Angga juga mengumpulkan poin 54 .

Suryanation Drag Race Kejurprov kali ini mempertandingkan 23 kelas. Masing-masing Bracket time 9, 10, dan 11 detik. Juga ada kelas Bracket Time 9,5, 10,5, dan 11,5 dan 12 detik. Selain itu ada juga All Cars Modified Stock mulai dari 1300cc, 1500cc, 1800cc, dan 2000cc berbagasi, Termasuk kelas Minibus Modified Stock s.d 1500cc, Matic Modified Stock s.d 1700cc dan Street Diesel s.d 2700cc,

Di kelas Pro, ada kelas Pro Modified mulai 1500cc, 1800cc, 2000cc dan 2500cc. Kelas lainnya ada kelas Free For All (FFA), Omr Brio mulai dari 1200cc dan Omr Jazz s.d 1500cc. Serta Sodified Stock (wanita) s.d 1500cc dan All Cars Modified Stock s.d 1000cc

Ketua Bidang Olah Raga Mobil Roda4 ( R4) Pengda IMI Sulsel Andi Troy Martino mengatakan Kejuaraan Drag race kali ini berbeda dengan kejuraan otomotif sebelumnya. Antusiasme peserta juga sangat besar. ‘’Jumlah mengalami peningkatan dari yang putaran pertama 500 menjadi 600. Selain itu juga lebih berbobot dibanding Sulsel auto drag race,’’ sebut Troy.

Menurut Troy, pasca Mukernas, IM Sulsel memang berkomitmen ingin mengaktualisasikan pelaksanaan kejuraan roda R4 lebih berkualitas dengan tingkat keamanan yang juga jauh lebih bagus demi nama baik Sulsel di kancah nasional.

Untuk pesertanya, juga tidak hanya berasal pulau Sulawesi saja. Namun banyak juga berasal dari provinsi lain. Di antaranya Kalimantan. Bahkan ada juga atlet profesional yang ikut berpartisipasi. Peserta banyak yang berasal dari luar provinsi yang terjauh dari kalimantan,” tambah troy.

Sementara itu Bupati Maros, Chaidir Syam mengaku senang dengan digelarnya Drag Race Kejurprov Putaran Kedua Piala Bupatyi Maros di daerah yang dipimpinnya. Menurutnya, selain menjadi ajang mencari pembalap handal, event ini juga menjadi ajang promosi pariwisata di Kabupaten Maros.

‘Kita baru saja masuk dalam bagian Unesco Global Geopark. Tentu kita akan selalu memberikan ruang dan support terhadap kegiatan seperti ini,” katanya.

Untuk diketahui, Sonic Speed Indonesia (SSI) sebagai penyelenggara event ini adalah komunitas otomotif yang sudah eksis sejak tahun 2001. Pengalaman SSI sebagai penyelenggara tak boleh dipandang sebelah mata. Puluhan event baik lokal, regional bahkan nasional sudah sering mereka selenggarakan.

Karena dinilai punya kontribusi besar terhadap kemajuan olahraga otomotiv di daerah ini pada 2022 lalu Sonic Speed dianugrahi penghargaan IMI Sulsel Awards sebagai klub penyelenggara Kejuaraan Nasional Drag Race 2022 dan penghargaan IMI Sulsel Awards sebagai penyelenggara Kejuaraan Provinsi Slalom oleh IMI Sulawesi Selatan di tahun 2022.

Tahun ini komunitas mobil yang tersebar di beberapa daerah ini kembali tancap gas. Program kerjanya cukup banyak. Salah satunya menyelenggarakan kejuaraan provinsi Drag Race Putaran 2 tahun 2023 (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *