Pemkab Barru Peringati Hari Pahlawan dan HKN

Daerah123 Dilihat

Barru, Menit7.Com — Dua momen tersaji pagi tadi, pada upacara memperingati Hari Pahlawan ke-78 sekaligus dirangkai Hari Kesehatan Nasional ke-59 Tahun 2023, Bupati Barru, Ir. H. Suardi Saleh M.Si bertindak sebagai Inspektur Upacara, dihalaman Kantor Bupati Barru, Jumat (10/11/2023)

Bertemakan “Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan”, dibacakan amanat Menteri Sosial oleh Bupati Suardi Saleh.

“Tema yang disusun telah melalui renungan mendalam untuk menjawab ancaman penjajahan modern yang kian nyata. Mengingat kita merupakan pasar yang besar dan dikarunia begitu banyak sumber daya alam yang luar biasa seperti tanah yang subur, hasil laut yang melimpah, kandungan bumi yang menyimpan beragam mineral. Inilah tantangan yang sesungguhnya bagi penerus untuk mengelola kekayaan alam dan juga potensi penduduk Indonesia bagi kejayaan Bangsa dan Negara. Ancaman dan tantangan ini akan kita taklukkan berbekal semangat yang sama seperti dicontohkan para pejuang 10 November 1945. Tidak mudah memang, tapi pasti bisa,” Urai Suardi Saleh.

Lebih lanjut, Bupati mengatakan pahlawan adalah orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran serta mengutamakan kepentingan Bangsa dan Negara di atas kepentingan kelompok dan atau diri sendiri.

“Para Pahlawan telah mengajarkan bahwa kita bukan bangsa pecundang. Kita tidak akan pernah rela untuk bersimpuh dan menyerah kalah. Sebesar apapun ancaman dan tantangan akan kita hadapi. Dengan tangan mengepal dan dada menggelora,” sebutnya kemudian.

Setelahnya, Bupati Barru juga menyampaikan sambutan dalam rangka Hari Kesehatan Nasional ke 59 yang mengusung Tema Hari Kesehatan Nasional 2023 “Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju”.

Dijabarkan mengenai Sistem Kesehatan Nasional melalui Transformasi 6 pilar melalui layanan primer, layanan rujukan, sistem layanan Kesehatan, Sistem Pembiayaan Kesehatan, dan transformasi SDM Kesehatan serta transformasi teknologi kesehatan.

Kemajuan kesehatan di Daerah sendiri, telah mendapatkan banyak penghargaan regional maupun nasional, terakhir Penghargaan Universal Health Coverage (UHC).

“Alhamdulillah, kita mengapresiasi kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam penguatan sistem kesehatan diberbagai sektor. Sehingga Tahun ini Kabupaten Barru berhasil menjadi Kabupaten terbaik Se-Provinsi Sulawesi Selatan dalam pencapaian angka prevalensi stunting sebesar 14,1 % dari 26,4%, turun menjadi 14,1% atau penurunan 12,1%. Keberhasilan ini kita raih, sehingga Barru dinobatkan sebagai 1 dari 10 Kabupaten/Kota diprovinsi Sulawesi Selatan dengan cakupan UHC tertinggi, disamping sebagai Kabupaten ke 3 terbaik dalam Capaian Imunisasi Dasar Lengkap pada bayi,” tandas Bupati Barru.

Terlihat, Komandan Upacara oleh Danramil Soppeng Riaja, dan bertindak sebagai pembaca pesan perjuangan yakni Kadis Sosial, Andi Syarifuddin, S.IP, M.Si.

Turut hadir Ketua DPRD Barru, beberapa Anggota DPRD Barru, Unsur Forkopimda, Ketua Pengadilan Negeri Barru, Ketua Pengadilan Agama Barru, Sekda Barru,Ketua Legiun Veteran Kabupaten Barru, Para Staf Ahli, Para Asisten Setda , Para Pimpinan OPD dan para Pimpinan Instansi Vertikal. (Humas IKP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *