Pemkab Barru Usaid Erat Kerjasama Peningkatan Kapasitas PPID

Daerah199 Dilihat

Barru, Menit7.com – Bupati Barru membuka Lokakarya Peningkatan Kapasitas Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kabupaten Barru yang di ikuti oleh Peserta dari PPID Utama, PPID pelaksana dan Operator dari masing-masing OPD, dan bekerjasama DF USAID ERAT Kabupaten Barru di Hotel Youtefa Barru, senin (05/06/2023).

Suardi Saleh menyampaikan ucapan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan Peningkatan Kapasitas PPID Kabupaten Barru Kerja sama USAID ERAT dengan Pemerintah Kabupaten Barru.

Pola hubungan pemerintah dengan masyarakat sudah berubah, kini masyarakat mengharapkan hubungan yang transparan serta interaktif dua arah.

Transparansi informasi pemerintah dikelola dan diawasi oleh PPID yang diperkuat dengan Undang-Undang No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik yang mendorong setiap Badan Publik dalam menyediakan informasi yang cepat, tepat waktu, biaya ringan, dan dengan cara yang sederhana.

Bupati mengatakan Kegiatan lokakarya ini sangat penting sebagai upaya untuk mencapai target keterbukaan informasi publik dimana saat ini Kabupaten Barru sangat tertinggal jauh dari daerah lainnya.

Bupati Barru berharap Pejabat PPID dapat mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang terbuka, inklusif dan partisipatif secara lebih maksimal dalam melayani masyarakat untuk memperoleh informasi publik dan mencapai target keterbukaan informasi publik

Untuk itu lanjut Suardi, melalui lokakarya ini diharapkan dapat meningkatkan Komitmen dan Kapasitas Peran PPID, sehingga mampu mendorong terciptanya integritas, sinkronisasi dan sinergitas antar stakeholder khususnya dalam memperoleh informasi yang akurat dan up to date.

Bupati menekankan, tugas Pejabat PPID bukan hanya mengejar target keterbukaan informasi publik, ini tugas kita sebagai ASN untuk menyiapkan informasi selengkap-lengkapnya dengan melengkapi semua indikator penilaian Keterbukaan informasi Publik.

“Para pejabat ppid pelaksana segera menetapkan, mendokumentasikan dan pro aktif menyiapkan data dan daftar informasi publik dan berkoordinasi dengan PPID Utama,”ungkapnya.

Sementara itu Ketua Panitia yang kuga Kabid Humas IKP Diskominfo- SP Kab.Barru Hidayatuddin mengatakan lokakarya peningkatan kapasitas Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kabupaten Barru
akan berlangsung dua hari yaitu pada hari ini Senin-Selasa tanggal 05-06 Juni 2023.

Mantan Lurah Tuwung ini juga mengatakan adapun tujuan dari kegiatan ini antara lain adalah
menguatkan kelembagaan dan peran PPID di Badan Publik dalam melakukan pelayanan Informasi publik bagi masyarakat sesuai amanah UU 14 tahun 2008 dan
mendorong terwujudnya implementasi Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik secara efektif dan hak-hak publik terhadap informasi yang berkualitas dapat terpenuhi dengan baik. (Humas IKP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *