Pemkab Mamberamo Papua, Study Masalah Stunting di Barru

Daerah255 Dilihat

Barru, Menit7.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Barru menerima kunjungan Wakil Bupati Mamberamo Raya Provinsi Papua di Lounge Lantai 5 Menara MPP Kantor Bupati Barru, Rabu (6/9/2023).

Sekda Barru Dr. Abustan M. Si dalam sambutan selamat datangnya mengawali dengan menyampaikan permohonan maaf Bupati Barru dan Ketua TP. PKK yang tidak sempat menerima langsung karena sedang dinas keluar daerah.

Dihadapan Wakil Bupati Mamberamo Papua, Evermudumi,S.Sos selaku Ketua TPPS bersama rombongan, Sekda Abustan memaparkan gambaran umum Kabupaten Barru dan secara khusus Kondisi Indikator Kesehatan Yang berpengaruh terhadap penurunan stunting.

“Atas nama Pemerintah Kab Barru mengucapkan selamat datang kepada Pemerintah Kabupaten Mamberamo Raya terkait percepatan penanganan stunting, menjadi kebanggaan tersendiri karena daerah kami sudah sering dikunjungi daerah kab/kota lain terkait studi banding tentang stunting”, ujar Sekda.

Dalam kesempatan tersebut Sekda Barru mengatakan selain penurunan stunting, Kabupaten Barru juga mengalami penurunan kemiskinan ekstrem dari 8,68 % pada tahun 2021 turun 8,4% pada tahun 2022.

Sekda Barru juga menjelaskan langkah dan strategi percepatan penurunan stunting di Kabupaten Barru, diantaranya membangun kelembagaan dan komitmen kolaborasi lintas sektor.

Melakukan Penguatan Kolaborasi Multi Sektor dan Lintas Sektor, Implementasi Inovasi Penurunan Stunting di Kab. Barru.

“Keberhasilan Kab. Barru khususnya dalam upaya penurunan angka stunting tidak lepas dari kerja keras semua pihak dari tingkat Kabupaten sampai desa dan kelurahan, khususnya Peran Ibu Ketua TP PKK Kab. Barru drg. Hj. Hasnah Syam MARS yang juga merupakan anggota DPR RI Komisi IX yang menggagas inovasi ‘One Day One Egg,” terang Sekda.

Disamping inovasi One Day One Egg, inovasi tersebut direplikasi melalui inovasi SKPD seperti : PEDE MAKESSING (Pemerintah Desa dan Masyarakat Cegah Kasus Stunting) oleh DPMDPPKBPPPA, CINTA PASTI (Cegah Stunting melalui Pengelolaan Sanitasi dan Air Bersih) Dinas PUTR Perkim. DUTA PARENTING (Pemberdayaan Remaja Peduli Stunting) Dinas Kesehatan. PEPAYA MATANG (Pemanfaatan Pekarangan Sebagai Upaya Menurunkan Stunting) Dinas Pertanian dan Ketapang, MPOK DARTI (Kelompok Sadar, Stunting) Dinas Sosial.

Mantan Kadis Pendidikan dan Kepala Bappeda Barru itu juga menguraikan 6 kunci keberhasilan Penurunan Stunting, diantaranya Komitmen pimpinan.

Pengawalan program secara ketat, Quick respon terhadap audit stunting. Kampanye membangun kesadaran terhadap penurunan stunting yang massif.

Selain itu, lanjutnya, kelembagaan terstruktur sampai pada tingkat desa kelurahan dan kolaborasi lintas sektoral yang terkoordinasi dan terintegrasi.

Sebelumnya, Wakil Bupati Mamberamo Raya Evermudumi, S. Sos mengucapkan rasa syukur karena bisa berada di Kabupaten Barru dan bertemu dengan Sekda Barru beserta jajarannya.

“Kehadiran kami di Kab Barru dalam rangka belajar kepada Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Barru yang telah melaksanakan 8 Aksi Konvergensi Stunting yang menurut hasil SSGI Tahun 2022 sebesar 14,1 % serta inovasi One Day One Egg.,” jelasnya.

Dikatakan, selayaknya kami bangga karena ketika di Wilayah Timur kami tahu bahwa Kabupaten Barru adalah menjadi Daerah Indikator Penurunan Stunting. Oleh sebab itu niat kami harus datang bertemu dan ingin tahu apa langkah langkah strategis sehingga masuk dalam nominasi penanganan penurunan percepatan stunting.

“Kami jujur dengan kondisi topografi Mamberamo yang sulit dan akses komunikasi yang terbatas sehingga kami masih kesulitan melaksanakan 8 Aksi Konvergensi Stunting. Oleh karena itu, kami juga berharap Pemerintah Kab Barru dapat membantu kami dalam hal fikiran-fikiran, langkah- langkah dan strategis apa yang harus dilakukan dalam percepatan penurunan stunting,” harap Wakil Bupati sembari menambahkan, selain studi banding tentang stunting pihaknya juga ke depan Pemerintah Mamberamo Raya dan Pemerintah Kabupaten Barru dapat membangun kerja sama dalam pengembangan daerah di bidang lainnya.

Turut hadir, Kepala Bappelitbangda Barru. Kadis Kesehatan. Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan. Kadis PUTR Perkim. Kadis Sosial. Kabid Humas IKP Diskominfo-SP. Sek. TP. PKK Kab Barru. (Humas IKP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *