Bantuan Gempa Tahap II di Mamuju Belum Ada Kepastian

Daerah1543 Dilihat


Mamuju, Menit7. Com–Tidak terasa  peristiwa Gempabuni 6.2 Magnitudo yang memporak-porandakan kabupaten Mamuju dan Majene sudah memasuki tahun ke tiga. Bantuan tahap ke-dua yang dijanjikan oleh pemerintah kabupaten Mamuju dan pusat bagi warga yang terdampak hingga kini  belum ada kepastian kapan bantuan tersebut dikucurkan pemerintah.

Dari hasil asesmen pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD),  kabupaten Mamuju masih terdapat 19.000 rumah warga untuk tahap kedua belum mendapatkan bantuan. Rumah tempat tinggal tersebut mengalami kerusakan bervariasi dari rusak berat, sedang hingga rusak  ringan.

Kepala Pelaksana BPBD Mamuju, Muh Taslim Sukirno, Saat di konfirmasi di kantornya, Senin (30/10/2023)   mengatakan soal bantuan gempa tahap kedua hingga  saat ini belum ada kejelasan dan kepastian dari pemerintah pusat, kapan bantuan tersebut turun. Pihaknya hanya menunggu dari pemerintah pusat melalui BNPB pusat.

Namun Taslim Optimis bantuan  tahap kedua akan turun karena kelengkapan berkas telah dikirim ke BNPB di Jakarta sejak bulan Mei tahun 2023 lalu, soal kapan bantuan  itu turun belum dapat dipastikan waktu dan jumlahnya.

Taslim mengakui belum ada kejelasan dan kepastian kapan ada realisasinya ” Kami hanya  menunggu saja dari pusat tergantung dari  Pemerintah pusat karena  anggarannya dari mereka. Soal administrasi telah dipenuhi  termasuk  hasil asesmen  bulan Desember tahun  2023 lalu telah dikirim”, jelas Taslim.

(ucheng)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *