Kadisbun Sulbar  Kunjungi Petani Aren di Polman, Ini yang Dilakukan

Budaya, Daerah1136 Dilihat

Mamuju,Menii7.Com — Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sulawesi Barat  H. Herdin Ismail mengunjungi salah satu pembudidaya Aren yang ada di Kabupaten Polman  beberapa hari lalu.

Dalam kunjungan tersebut, ia melakukan dialog langsung dengan petani pembudidaya Aren didarati tersebut.


Kadis Perkebunan  menyampaikan   bahwa Indonesia kaya akan komoditas perkebunan terkhusus di daerah Sulbar ini. Dan salah satu tanaman yang memiliki potensi nilai jual adalah tanaman aren.

“Rencana tindaklanjut akan diupayakan mengkoordinasikan terlebih dahulu dengan Bapperida Sulbar terkait riset ini, sehingga pengwilayahan komoditas bisa di lakukan dan berjalan secara sistematis, ” kata Herdin Ismail. 

Ia juga mengataka, pihaknya  berkomitmen untuk terus mendukung pengembangan budidaya Aren di wilayah Sulbar. Dukungan tersebut tentunya sejalan dengan visi untuk memberikan manfaat ekonomi dan sosial yang berkesinambungan bagi masyarakat setempat untuk menciptakan warisan terbaik.

Sementara itu, petani pembudaya Aren, Husni menyampaikan kisahnya dalam menekuni budidaya tanaman Aren.


Awalnya tertarik dengan Aren nkarena berpkir bahwa tenaga yang dibutuhkan dalam menanam dan mengelola Aren jauh lebih mudah dibandingkan dengan Sawit.

“Disinilah saya berpikir untuk mengembangkan tanaman aren. Aren juga dapat sebagai tanaman pelindung pada kakao karena tanaman aren kondisinya lebih lembab di banding tanaman yang lainnya”
Selain itu, kata Husni, salah satu keunggulan pohon Aren  adalah dapat berproduksi setiap hari.


Hal ini dilihat dari usia tanam, ada yang sampai sekitar 5 tahun kategori pohon pendek dengan masa produksi selama 2 tahun, juga sekitar 7-8 tahun kategori sedang dengan masa produksi hingga 5-7 tahun dan juga 10 tahun kategori tinggi masa produksi 9 tahun.


Keuntungan ekonomi yang di hasilkan per-pohonnya minimal Rp. 20.000; dengan menjual gula melalui proses penguapan dan pemanasan, ” Jelas  Husni.(***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *