Bupati Barru Hadiri Rakornas Dengan Mendagri, Ini Yang Dibahas

Nasional148 Dilihat

Jakarta.Menit7.Com — Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh M. Si menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) dan Kick Off Pelaksanaan Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) tahun 2023 di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta 11/7/2023.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian pada kesempatan tersebut menegaskan komitmennya dalam memperkuat pemerintahan desa. Penguatan itu katanya dinilai penting untuk meningkatkan kapasitas aparatur pemerintahan desa.

Apalagi katanya lagi, desa memiliki peran yang penting dalam mewujudkan salah satu Nawacita Presiden Joko Widodo yakni membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan.

Mendagri menjelaskan, penguatan pemerintahan desa perlu dilakukan untuk meminimalisasi terjadinya urbanisasi yang masif. Selain itu, langkah tersebut juga diperlukan untuk mendorong lahirnya sentra perekonomian baru di desa.

P3PD merupakan program pemerintah dalam mendukung implementasi Undang-Undang No.6 Tahun 2014 tentang Desa, yang secara struktur dikawal oleh beberapa kementerian dan lembaga.

“P3PD bertujuan untuk meningkatkan kapasitas kelembagaan desa dalam rangka memperbaiki tata kelola pemerintahan dan meningkatkan kualitas pembangunan desa di lokasi program, melalui perbaikan kinerja pemerintah dan aparat desa melalui penguatan sistem peningkatan kapasitas yang berbasis permintaan dan kebutuhan”, terang Tito Karnavian.

Mendagri juga berharap kepada seluruh jajaran pemerintah provinsi, daerah maupun desa agar dapat mendukung program ini.

Sementara Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh M. Si yang dihubungi melalui Humas IKP menjelaskan, Kabupaten Barru merupakan satu dari 11 Kabupaten di Sulsel yang menjadi Lokus P3PD.

“Pemerintah kab. Barru tentunya akan mendukung program P3PD ini. Semoga mampu memperkuat kapasitas lembaga dan sistem akuntabilitas yang akan mengarah pada peningkatan kapasitas dan memperkuat tata kelola pemerintah desa di kab.barru”, tandas Bupati. (HUMAS IKP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *