Majene Bakal Miliki Rumah Sakit Terapung Pertama di Sulbar

Daerah590 Dilihat

Majene, Menit7.co.idDalam rangka mendukung program pemerintah untuk pemerataan pelayanan kesehatan bagi masyarakat pesisir dan pulau terpencil. Yayasan Sehat Pesisir Kita, yang bergerak dibidang pemerhati kesehatan, membuat  Rumah Sakit Terapung di kabupaten Majene.

Rencananya pembuatan rumah sakit terapung ini diperuntukkan melayani masyarakat yang bermukim di pesisir pantai Maneje Kecamatan Malunda dan sekitarnya.

terdaftar di Kepmenkum HAM denan nomor: AHU 001089.AM.01.04 Tahun 2021,
Menurut Ketua Yayasan Sehat Pesisir Kita dr. Teuku Rahmadsyah. Sp,An saat  mengungkapkan  setelah menjadi dokter umum dan melalangbuana mendapatkan tugas didaerah pesisir dan pulau terpencil maka dengan panggilan jiwa dan cita-cita  yang begitu besar  untuk nembuat Rumah Sakit Terapung.
Dari  berbincang- nincangb dengan teman dokter di jakarta maka disepakatilah untuk diawali membuat yayasan.

Dan disepakati untuk dr  Teuku Rahmansyah menjadi ketua yayasan dan kemudian yayasan itu diberi nama Yayasan Sehat Pesisir kita,

Dan dr Teuku dengan teman dokter mempunyai keinginan agar masyarakat pesisir dan pulau terpencil dapat mendapatkan pelayanan kesehatan dengan mudah dengan cara masyarakat yang didatangi rumah sakit buka, dengan membuat rumah sakit terapung.
Lanjut  dr Teuku, yayasan inin akan mendatangkan dokter ahli sesuai yang dibutuhkan, dan pelayanan dirumah sakit terapung pelayanannya secara gratis.

“Pekerjaan kapal tersebut dikerjakan di kecamatan Malunda, kabupaten Majene, prov. Sulbar dan pekerjaannya saat ini telah rampung sekitar 50%. Dan dikapal itu akan dilengkapi 3 kamar operasi yang lengkap sarana dan prasarananya.

Hadir Wakil Bupati Majene, dimpingi ibu wakil bupati Majene, Dinas Kesehatan kabupaten Majene, anggota DPR kabupaten Majene dari Partai PKS, Camat Malunda, Sekcam Malunda, Kapus Puskesmas Malunda.


Wakil Bupati Majene  Aris Munandar S. STP mengatakan, sangat mengapresiasi atas dibuatnya rumah sakit terapung yang wilayahnya operasinya nanti di kecamatan Malunda, dan posisinya sudah sangat tepat karna dari Malunda butuh jarak tempuh 100 km ke ibu kota kabupaten Majene,  sehingga sudah sangat sesuai visi dan misi kami salah satunya peningkatan pelayanan kesehatan, jadi dengan adanya rumah sakit terapung pemerintah kabupaten Majene sudah sangat terbantu.


Lanjut Aris harapannya kedepan pembuatan kapal ini cepat selesai dan segera bisa beroperasi sehingga masyarakat di tiga kecamatan yakni Malunda,  Ulumanda dan kecamatan  Tubo.


“Sehingga jika ada pasien yang masuk puskesmas dan butuh dirujuk sudah dapat rujuk dirumah sakit yang lebih dekat seperti rumah sakit terapung sehingga pasien kebih cepat mendapatkan pertolonganpertolongan, ”  Jelas Aris.
Laporan Suaib Tanisi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *