Oprik Jembatan Lebani Amblas, Terancam Putus

Daerah229 Dilihat


Menit7.co.id — Oprit jembatan Takke didesa Lebani kecamatan Tappalang Barat, Sulawesi Barat, mengalami kerusakan berat, sisi kiri jembatan tersebut mulai amblas akibat terkikis banjir beberapa waktu yang lalu. Jembatan tersebut terancam roboh karena opritnya sudah terkikis jatuh ke sungai.

Menurut Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Provinsi Sulawesi Barat, Separang, ST saat ditemui diruang kerjanya, Jumat (6/1/2023), membenarkan kejadian tersebut.
Jembatan jenis Box Culluver mengalami kerusakan akibat tekikis banjir. Penyebabnya adalah mulut dari Box Culluver tersebut ukurannya kecil sehingga membuat debit air yang besar disertai adanya sampah berupa pohon kayu dan sejenisnya, mengakibatkan tersumbatnya mulut box Culluver tersebut, jelas Saparang.


Lanjut Saparang, tersumbatnya mulut box Culluver itu, yang terpaksa beralih menghantam oprit jembatan dan menyeberangi lewat diatas box Culluver, sehinng sisi kiri dan kanan mengalami kerusakan yang cukup serius.


Untuk mengantisipasi hal tersebut pihak telah melakukan pembersihan sampah yang menyumbat mulut box Culluver, agar tidak terjadi kerusakan lebih parah.

Selain itu, Saparang juga mengusulkan agar Box Culluver ini diganti menjadi jembatan yang tinggi dan panjang agar air serta sampah tidak lagi tersangkut di mulut jembatan.


” Dan ini saya akan usulkan secepatnya mudah- mudahan bisa terealisasikan secepat, karena jalan tersebut sudah menjadi Provinsi, jadi harus perhatian kita, ” Jelas Saparang. (Ucheng)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *