Quota Jamaah Haji Belum Jelas, ini Penjelasan Dirjen PHU

Nasional327 Dilihat

Jakarta, Menit7.co.id – Meski sudah ada lampu hijau tentang keberangkatan jamaah haji Indonesia tahun ini, namun masih ada kekeatiran sebagian calon haji.

Kekwatiran itu terjadi karena kepastian jumlah quota jamaah haji Indonesia tahun 2022 belum jelas, apakah quota penuh atau hanya sebagian dari tahun sebelumnya.

Menurut Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Iman Latief bukan saja Indonesia yang menunggu kepastian jumlah quota, tetapi juga seluruh negara menggu keputusan Dewan Kerajaan Arab Saudi.

“Saat ini seluruh negara juga masih menunggu kabar dari Dewan Kerajaan Arab Saudi, ” ungkap Iman Latief.

Sementara Ketua Komnas Haji dan Umrah Mustolih Siradj juga mengungkapkan, bahwa kebijakan kuota haji dari setiap negara merupakan kewenangan dari Pemerintah Arab Saudi karena mereka adalah tuan rumah.

Seperti diketahui katanya, pada 2019 kuota haji jemaah Indonesia sebanyak 231 ribu orang, namun pada tahun ini dikhawatirkan tidak mencapai angka tersebut.

“Saya agak ragu jika kuota haji Indonesia diberikan dengan status normal. Karena waktu penyelenggaraan sudah semakin mepet, kalau dihitung sepekan lagi masuk bulan Ramadhan sehingga hanya tersisa waktu 2 bulan,” jelas Mustohil.

Sumber: Humas Kemenag RI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *