Soal Kerjasama Dua Maskapai Penerbangan dengan Pemprov Sulbar, ini Tanggapan Tokoh Masyarakat Sulbar

Daerah460 Dilihat

Mamuju, Menit7.co.id – Upaya Pj Gubernur Sulawesi Barat, Dr Akmal Malik mempercepat laju pembangunan daerah ini, dengan menggenjot disegela sektor  mendapat tanggapan tokoh masyarakat Sulawesi Barat, Mayjen TNI (Purn) Salim S Mengga.

Menurut Salim Mengga upaya Pj Gubernur Sulbar untuk membuka kerja sama dengan dua Maskapai Penerbangan Nasional yakni Sriwijaya Air dan Citilink Air merupakan ide yang bagus dan perlu diberikan dukungan.

Namun sebelum kerjasama itu terjadi perlu ada kajian ulang secara komprehensif agar nantinya¬† program ini tidak ” matisuri” ditengah jalan.


Pertanyaannya adalah jumlah orang yang menggunakan pesawat penerbangan langsung dari Mamuju Jakarta sudah memenuhi syarat kah?  Orang yang mau naik pesawat  darimana saja,


Kalo setiap penerbangan jumlah  penumpang pesawatnya kurang, maka pihak maskapai pasti mengalami kerugian. Kalau terus merugi perusahaan tersebut  pasti  hengkang lagi dari Sulbar.

” Karena kita punya pengalaman tahun sebelumnya  Pemprov sudah pernah melakukan hal serupa, tapi program itu tidak berjalan lama, karena Perusahaan penerbangannya merugi, ya mau tak mau mereka memilih hengkang dari Sulbar, ” Jelas Salim Mengga.

Oleh karena itu perlu ada kajian, paling tidak maskapai tersebut memilih rute penerbangan selain Mamuju- Makassar- Jakarta , alternatif lain yang bisa dilakukan adalah  rute Palu- Mamuju- Jakarta atau bisa juga memilih rute Mamuju- Banjarmasin- Jakarta, itu mungkin menjadi alternatif rute yang bisa dipertimbangkan pertimbangan, katanya

Salim juga mengingatkan dalam program ini, jangan sama sekali membebani APBD Sulbar, dengan  cara  melakukan subsidi kepada Maskapainya hal itu bisa menganggu  pembangunan pada sektor lain, katanya.(ucheng)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *