Bupati Mamuju Raih Gelar Doktor di UIN Makassar, Dapat Predikat Cumlaude

Pendidikan136 Dilihat

Gowa, Menit7.com – Bupati Mamuju Hj St Sutinah Suhardi, S.H., M. Si., berhasil meraih gelar Doktor dalam Bidang Ilmu Syariah Hukum Islam di UIN Alauddin Makassar dengan predikat cumlaude. Sutinah memperoleh IPK 4.00.

Sutinah sukses mempertanggungjawabkan disertasinya dengan judul ‘ Perempuan dan Pilkada Dalam Perspektif Kesetaraan Gender Menurut Hukum Islam’ dihadapan para dewan penguji.

Bupati Perempuan Pertama di Mamuju ini melangsungkan Promosi Doktorya di Gedung Auditorium Kampus 2 UIN Alauddin, Kamis, 4 Juli 2024. dengan masa studi 2 tahun 8 bulan 3 hari.

Sutinah mengungkapkan bahwa motivasi nya dalam mengikuti pendidikan adalah hal yang paling utama dan juga dirinya ingin memperlihatkan kepada semua orang terlebih khusus kaum perempuan, meskipun dirinya telah menjadi seorang Bupati tetapi masih bisa memikirkan pendidikan.

” disela – sela kesibukan saya menjadi Bupati, saya ingin memperlihatkan kepada semua orang, juga kaum Perempuan meskipun posisi saya sudah diatas, akan tetapi saya tidak lupa yang namanya pendidikan, dan tentu menjadi contoh buat kedua anak saya yang hadir, ” pungkasnya.

Sutinah juga berpendapat bahwa alasan mengapa saat ini lebih banyak laki-laki yang hebat dan menjadi pemimpin dibandingkan perempuan karena persepsi masa lalu yang tidak memberikan peluang besar kepada perempuan.

” contohnya saja dalam sebuah keluarga, ketika ada anak laki-laki dan perempuan, yang dimana anak laki – laki lah yang didorong untuk bersekolah tinggi dan mempunyai cita cita yang tinggi, ” ujarnya.

Sutinah juga berpesan agar ke depannya perempuan lebih berani untuk maju, lebih berkarya, dan meningkatkan kapasitas diri mereka.

Ujian promosi doktor Bupati Mamuju dihadiri Sekprov Sulbar, Dr Muhammad Idris, Anggota DPRD Mamuju serta sejumlah pimpinan OPD lingkup Pemkab Mamuju.( zunkarnaim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *