Gubernur Sulsel Uji Coba Kereta Api Barru Pangkep

Daerah249 Dilihat

Barru, Menit7.co.id –Warga Sulawesi Selatan khususnya yang tinggal di Barru saat ini sudah bisa menikmati kereta api.

Uji Coba Pengoperasian Prasarana dan Sarana Perkeretaapian
Makassar- Parepare segmen Garongkong – Mangilu Pangkep Sabtu. (29/10/2022)

Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh, M.Si menerima Rombongan kementerian perhubungan dan Gubernur Sulawesi Selatan di rumah jabatan bupati, kemudian bersama menuju stasiun garongkong untuk melakukan ujicoba pengoperasian prasarana dan sarana perkeretaapian.

Hampir sebagian besar masyarakat Sulawesi Selatan terutama masyarakat Barru sangat mendambakan kereta api segera di operasikan dan menjadi akomodasi unggulan.

Pemda Barru sendiri telah melakukan persiapan dalam mendukung keberadaan kereta api terlebih yang berada di kawasan Pelabuhan ini dengan stasiun garongkong.

“Yang pertama bahwa kawasan Pelabuhan dan stasiun kereta api ini kita sudah tetapkan rencana terkait tata ruang yang dipersiapkan untuk menjadi kawasan ekonomi khusus, bahkan kami sudah bebaskan untuk area pelabuhan 3.000 hektare dan lahan ini nantinya tidak diperuntukkan lagi untuk aktivitas pembangunan selain untuk aktifitas industri nantinya dan itu sangat mempengaruhi perekonomian di tambah dengan stasiun yang akan kita coba nanti,” paparnya.

Lebih lanjut, Suardi menyebut jika tentu pihaknya berharap ada impact buat Kabupaten Barru terhadap keberadaan stasiun kereta api ini yang berdekatan dengan pelabuhan

“Tentunya kami berharap dengan adanya stasiun bisa menambah kontribusi PAD karena sektor perekonomian akan terbantu serta lapangan kerja baru akan terbuka,” jelasnya lagi.

Bupati Barru bersama rombongan ikut mencoba kereta api dengan segmen Garongkong-mangilu.

Saat ini proses kontruksi untuk jalur Pangkep dan Maros sementara dikerjakan. Adapun panjang rute Maros-Pangkep sekitar 70 Km.

Diketahui, awalnya uji coba ini bakal dihadiri Presiden RI Joko Widodo. Namun karena jadwal yang padat, sehingga orang nomor satu di pemerintahan Indonesia itu berhalangan hadir. Laporan Amad

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *