Kongres Nasional ILP2MI, UKM Ritma UIN Alauddin Makassar Kalahkan UKM UPII Universitas Gajah Mada

Pendidikan209 Dilihat

Malang, Menit7.Com — Ikatan Lembaga Penalaran dan Penelitian Mahasiswa Indonesia (ILP2MI) Menggelar Kongres Nasional (KONAS) dan Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) yang Ke XIV Di Politeknik Negeri Malang (POLINEMA) yang berlangsung pada tanggal 17-19 Mei 2023 dengan mengangkat tema “Menciptakan Regenerasi ILP2MI yang komprehensif dalam dunia riset melalui inovasi dan kolaborasi”.

Kegiatan KONAS-RAKERNAS tersebut juga turut dimeriahkan dengan Kompetisi Karya Tulis Ilmiah tingkat Nasional yang diikuti oleh 26 tim dari berbagai kampus yang berbeda-beda di seluruh Indonesia.

Kegiatan KONAS dan RAKERNAS ILP2MI tersebut tentunya tidak terlepas dengan berbagai dinamika di dalamnya, karena menyangkut akan bagaimana kelangsungan ILP2MI kedepannya.

Konsolidasi dan koordinasi terus dilakukan, salah satunya oleh Regional V ILP2MI yang meliputi wilayah Sulawesi, Papua, dan Maluku. Beberapa UKM yang terlibat didalamnya ialah UKM KPI Universitas Hasanuddin, UKM P2RI Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lembaga Administrasi Negara, UKM LPM Penalaran Universitas Negeri Makassar, UKM RITMA UIN Alauddin Makassar, UKM LKIM PENA Universitas Muhammadiyah Makassar, UKM LITIMASI Universitas Bosowa, UKM Perisai Universitas Muslim Indonesia, FORKIM Institut Agama Islam Negeri Pare-Pare, UKM KPI Sinjai, UKM Literasi Universitas Gorontalo.Berdasarkan konsolidasi dan koordinasi tersebut maka diutuslah UKM RITMA UIN Alauddin Makassar sebagai Calon Sekretaris Jenderal ILP2MI mewakili Regional V ILP2MI dan FORKIM IAIN Pare-Pare sebagai Calon Kordinator Regional 5 (KOREG) pada periode selanjutnya.

Pada sidang pleno empat Kongres Nasional ILP2MI, UKM RITMA UIN Alauddin Makassar bersaing ketat dengan UKM UPII yang berasal dari Universitas Gadjah Mada. Namun, melalui pemilihan yang penuh dengan dramatika, pada akhirnya UKM RITMA UIN Alauddin Makassar unggul 2 suara dari UKM UPII UGM dengan perbandingan 17:15 suara.

Sehingga UKM RITMA UIN Alauddin Makassar dinyatakan sah sebagai Sekretaris Jendral ILP2MI (Ikatan Lembaga Penalaran dan Penelitian Mahasiswa) pada periode 2023/2024.

Adapun yang menjadi penanggung jawab dari Sekjen tersebut ialah Rasmi Safitri selaku Penanggung jawab utama dan di dampingi oleh Arya Kusuma R. dan Tri Gunawan Musa.

Rasmi Safitri selaku penanggungjawab utama Sekretaris Jendral (SEKJEN) mengatakan bahwa.

it’s Awesome sempat selangkah mundur dan sedikit insecure karena bersanding dengan UKM UPII UGM dimana dari segi popularitas dan suara mereka unggul bahkan UKM RITMA bertandang sebagai tamu dari jauh ke Regional IV .

Tapi karena amunisi dan dukungan yang kuat dari teman-teman meskipun online cukup kembali menjadi pemantik nyala semangat, serta Visi Misi yang di design meyakinkan mungkin dipersembahkan kepada audiens offline berhasil memberikan keyakinan bahwa UKM RITMA hadir memberikan harapan arah baru ILP2MI.

“Untuk program kerja yang akan di jalankan kami memutuskan untuk tetap melanjutkan program-program sebelumnya seperti Simposium Nasional, Pengabdian Masyarakat, Temu Regional dan lain² sebagainya yang sifatnya membangun dan meningkatkan harkat dan martabat ILP2MI sebagaimana tertuang dalam Misi poin nomor 3,”ujarnya.

Harapan kedepannya adalah kerja sama dari tiap regional dengan komunikasi dan kolaboratif yang di masifkan membawa ILP2MI ke arah yang lebih pasti. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *