Prodi HKI UIN Alauddin Makassar Gelar Seminar Nasional

Pendidikan165 Dilihat

Gowa, Menit7.com – Prodi Hukum keluarga Islam (HKI) Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar menyelenggarakan Seminar Nasional dengan tema ‘Akses Keadilan Terhadap Perempuan yang Berhadapan dengan Hukum’ bertempat diruang LT. Fakultas Syariah dan Hukum Selasa, (15/06/2023).

seminar ini diselenggarakan dengan tujuan untuk memperkenalkan atau lebih membuka wawasan mahasiswa mengenai pengembangan hukum yang dilakukan oleh MA.

Menghadirkan salah satu pejabat di Pusat Penelitian dan Pengembangan Hukum MA RI, Andi Akram sebagai pemateri pada seminar kali ini.
Dalam materinya Andi Akram memberikan pesan kepada mahasiswa bahwa seluruh mahasiswa dapat bersaing dimanapun mahasiswa berkuliah, semuanya dapat bersaing namun harus menjadi orang yang pintar dalam pembelajaran maupun dalam pergaulan.

Sementara itu, salah satu mahasiswa Prodi HKI menilai kesuksesan dari seminar nasional tersebut memberikan manfaat yang besar terhadap mahasiswa.

“Soal menilai kesuksesan dari seminar tersebut bisa dilihat dari mahasiswa jurusan hukum keluarga islam maupun jurusan lain yang hadir tadi diseminar, dimana yang awalnya mahasiswa tidak tahu soal akses perempuan yang berhadapan dengan hukum menjadi lebih tau bahwa dipengadilan juga menerapkan kesetaraan gender dan meningkatkan pelayanan untuk perempuan yang didasari oleh HAM dan jg mahasiswa jurusan HKI lebih tahu soal beracara dalam peradilan dimana perempuan kebanyakan membuang haknya dalam beracara”, ucap Muhammad Rais Ajhuri pada Kamis, 15 Juni 2023.

Seminar nasional ini diharapkan dapat memberikan manfaat dan inspirasi bagi para mahasiswa yang hadir dalam kegiatan tersebut. Kegiatan ini juga merupakan salah satu bentuk dukungan terhadap perempuan yang berhadapan dengan hukum.

Penulis : Nadya Dwiyanti Alty

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *