Jelang Idul Adha Pj Bahtiar Pantau Harga di Pasar Majene

Ekonomi169 Dilihat

Majene, Menit7. Com – Menjelang lebaran Idul Adha 2024, Pj Gubernur Sulbar Bahtiar Baharuddin melakukan kunjungan ke Pasar Majene dan menggelar Pasar Pangan Murah. Hal ini dilakukan oleh Pemprov Sulbar dan Pemkab Majene guna tetap menstabilkan harga dan inflasi tetap terkendali walaupun tingkat kebutuhan masyarakat meningkat menjelang lebaran Idul Adha.

Semula Pj Bahtiar lebih dulu akan nenggelar jalan sehat bersama pelajar, Bupati Mamuju, Sekda Mamuju, OPD Pemkab Mamuju dan warga. JAlan santai start di Anjungan Sandeq Labuang.

Namun dalam perjalanan Pj Bahtiar tiba tiba belok arah menuju pasar yang dilewati oleh peserta jalan sehat. Di dalam pasar telah ramai oleh pedagang dan warga. Proses tawar menawar antara pedagang dan pembeli pun sudah ramai.

Meski demikian kehadiran Pj Bahtiar tidak mengganggu aktivitas dan suasana pasar. Bahtiar hanya sesekali menanyakan harga barang pokok kepada penjual. “Tetapmaki jualan bu’. Layani ki pembelita” ujar Bahtiar sambil menyapa beberapa warga.


Usai dari pasar Bahtiar dan rombongan kemudian menuju alun alun untuk senam sehat. Di sini ratusan warga telah menanti Pj Bahtiar. Saat memasuki halaman warga langsung mengerubuti orang nomor satu di Sulbar ini sambil meminta foto dan selfie.

Kemudian Pj Bahtiar melanjutkan menghadiri gerakan pangan murah (GPM) yang dipusatkan di pelataran gedung assamalewuang, Sabtu 15 Juni 2024. Di sini terlihat warga telah berdesak desakan untuk membeli kebutuhan pokok.

Salah satu warga Lina Fitriani sangat senang adanya pasar murah yang dilaksanakan Pemprov kerjasama dengan Pemkab Majene.

“Ini sangat membantu jelang Idul Adha karena harga di pasar jauh lebih mahal dibandingkan disini,” kata Lina.

Ia menambahkan sangat berterimakasih atas inisiasi yang dilakukan Pj Gubernur mendekatkan pelayanan kepada masyarakat terutama yang ada di Desa dan Kecamatan.

“Jadi lumayan hemat, apalagi jelang hari lebaran. Kami harap ini sering-sering dilaksanakan,” tambahnya.

Hal yang sama disampaikan Ismail menyampaikan kebutuhan masyarakat seperti telur, minyak, gula, cabe hingga bawang jelang lebaran dan ini sangat membantu.

“Harganya juga sangat murah. Jadi terima kasih Pj Gubernur pelayanan dengan pasar murah ini mendekatkan ke warga,” ujarnya.

Sedangkan, Pj Gubernur Bahtiar mengungkapkan sudah dua hari melaksanakan kunjungan kerja di Kabupaten Majene. Mulai jalan santai sembari menikmati pantai Majene dan melihat pasar murah dilaksanakan Pemprov bekerjasama Pemkab serta instansi terkait.

“Kita mengecek harga-harga komoditas di pasar, saya pastikan harga pangan di Majene sangat stabil, bahkan ada harganya sangat murah,” ungkapnya.

Begitupun, stoknya juga cukung jelang maupun setelah hari lebaran Idul Adha. Warga juga sangat terbantu dengan pelayanan diberikan.

“Terimakasih semua pihak terlibat, masukan saya tolong perbanyak Kios Mitra Bulog. Jadi masyarakat yang ada di Desa dan Kecamatan bisa terlayani, jika ini tersebar maka harga barang Gula, minyak goreng, beras, hingga bawang inshaAllah bisa terkendali,” harapnya.

Kadis Ketapang Sulbar Abdul Waris Bestari menyampaikan pasar murah ini serentak dilaksanakan seluruh wilayah Sulbar dalam rangka hari besar Idul Adha. Ini juga atas arahan Pj Bahtiar bahwa pasar murah dilaksanakan setiap kabupaten.

“Ini upaya pemerintah mendekatkan pelayanan ke masyarakat. Makanya kami bekerjasama Dinas Ketapang kabupaten, Bulog dan BI, Alhamdulillah harganya dibawah 5 sampai 10 persen dipasaran,” ujarnya.

Komoditas yang dijual mulai beras, bawang merah, bawang putih, cabe besar, cabe kecil, minyak hingga tomat.

“Ketersediaan komoditas kita cukup banyak baik dipasaran maupun yang ada di Bulog,” paparnya.(rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *