Ada Lagi Varian Omicron Baru Lebih Cepat Menular, ini Penjelasannya

Kesehatan326 Dilihat

Menit7.Co.Id – Belum tuntas virus sebelumnya, kini muncul lagi jenis virus baru. Virus varian ini konon lebih berbahaya. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan penemuan varian baru COVID-19 di Inggris. Varian ini disebut Omicron XE, sebagai rekombinan dari Omicron BA.1 dan BA.2

Omicron XE ini memiliki strain lebih kuat dari jenis sebelumnya dan disebut 10 persen lebih cepat penularannya dibandingkan Omicron BA.2.

“Perkiraan awal menunjukkan varian baru ini 10 persen lebih menular dibandingkan BA.2 Namun, temuan ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut,” ungkap WHO dikutip dari NDTV News, Minggu (4/3/2022).

Badan Kesehatan Inggris mengatakan varian COVID-19 XE pertama kali terdeteksi pada 19 Januari dan saat ini sudah ada 637 kasus yang dilaporkan.

“Varian tersebut merupakan campuran genetik yang terbentuk selama masa replikasi dan membentuk varian baru,” ungkap para pakar dalam British Medical Journal.

Sementara itu, sub-varian BA.2 diketahui telah menyebar dengan cepat dan mulai mendominasi kasus di beberapa wilayah. Seperti di AS dan Tiongkok melaporkan telah terjadi lonjakan kasus COVID-19 akibat varian BA.2 (***)


artikel ini telah tayang di detik. Com dengan judul “Nggak Kelar-kelar! Ilmuwan Inggris Temukan Varian ‘Xe’, Lebih Menular dari Omicron?”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *