Pimpin Apel Kasat Kamling, Ini Harapan Kapolres Muba

Sumatra130 Dilihat

Muba, Menit7.Com – Polres Muba melaksanakan Apel Ketua Satuan Keamanan Lingkungan ( Kasat Kamling ) yang dilaksanakan dihalaman apel Mapolres Muba, Rabu, (21/06/2023).

Bertindak sebagai Pimpinan Apel Kapolres Muba Akbp. Siswandi Sik. SH. MH., didampingi oleh unsur Forkopimda Kabupaten Musi Banyuasin atau yang mewakili, dan diikuti oleh para pejabat utama, para Kapolsek jajaran polres Muba, dan personil polres Muba maupun personil dari instansi terkait.

Pada arahannya Kapolres Muba yang membacakan amanat Kapolri intinya menyebutkan bahwa Polri harus terus mengembangkan potensi masyarakat melalui pengamanan swakarsa, sebagai upaya untuk memperkuat sistem keamanan lingkungan.

Kehadiran sat kamling diharapkan mampu menjadi early warning (peringatan dini) terhadap potensi kejahatan dan dapat melakukan pencegahan secara cepat, sebagai bentuk pemolisian yang prediktif.

“Dalam pelaksanaan tugas harus senantiasa bersinergi dengan TNI – Polri serta pemangku kepentingan lainnya sehingga pelaksanaan tugasnya dapat lebih optimal dan semua harus tetap menjunjung tinggi nilai-nilai, norma dan etika yang ada,”sebutnya.

Disela pelaksanaan apel juga dibagikan hadiah dari Kapolres Muba untuk pemenang lomba sat kamling tingkat kabupaten Musi Banyuasin.

Dimana sebagai juara I diraih oleh sat Kamling kelurahan Ngulak kecamatan Sanga desa, Juara II sat kamling desa Tegal Mulyo kecamatan Keluang dan juara III sat kamling kelurahan Kayuara kecamatan Sekayu.

Akp. Beni Okimu SH selaku Kasat Binmas polres Muba menyebutkan bahwa Apel sat kamling ini dilaksanakan untuk lebih menghidupkan dan mengaktifkan kembali sat kamling khususnya yang ada di kabupaten Musi Banyuasin yang dirasakan menurun keaktifannya.

“Padahal banyak sekali manfaat dari sat kamling ini, selain dapat menjadi ajang silaturahmi sesama warga juga dapat mencegah terjadinya gangguan keamanan,” ujarnya.

Itulah sudah menjadi tugas kami selaku pengemban Pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (harkamtibmas) berupaya agar kegiatan sat kamling dapat aktif kembali, salah satunya selain pembinaan, diadakan juga lomba sat kamling.

Disampaikan juga juara 1 lomba Sat kamling tingkat kabupaten Musi Banyuasin yang diraih oleh Sat Kamling kelurahan Ngulak kecamatan Sanga desa, dilombakan juga untuk tingkat Polda Sumsel, Alhamdulillah dapat meraih juara I, yang kemudian dilombakan lagi pada tingkat Mabes polri meraih juara VII. (Budi Prawoto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *